Delegasi dari 41 Perguruan Tinggi di Indonesia ikuti PNMHII XXVII UNS Surakarta

Posted on

pnmhii xxvii

SOLO – Sekitar 341 Mahasiswa Hubungan Internasional dari 41 perguruan tinggi di Indonesia akan berpartisipasi dalam kegiatan PNMHII XXVII. Dalam kegiatan ini, mereka tidak hanya mengikuti seminar nasional seputar kemaritiman Indonesia, akan tetapi juga ikut serta dalam kompetisi diskusi ilmiah dan Short Diplomatic Courses (SDC). Kompetisi tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 16-18 November 2015 di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.
“Dalam dua kompetisi itu setiap perguruan tinggi berhak mengirimkan dua perwakilan. Diskusi ilmiah dibagi jadi tiga buah subtema, yaitu politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Sedang dalam SDC, para delegasi akan dipersilakan untuk melakukan simulasi konferensi PBB atau komite internasional lainnya,” papar Ketua Panitia Andrian Saputra, Selasa (10/11).

Dalam kompetisi disikusi ilmiah kali ini, HI UNS menargetkan delegasinya dapat menaikkan peringkat, setelah tahun lalu masuk sebagai lima besar. “Harapannya tahun ini bisa masuk tiga besar, atau setidaknya tetap masuk lima besar, “ ungkap Andrian.

Tak hanya itu, para mahasiswa HI tersebut juga akan mengikuti Joint Statement Forum (JSF), yaitu forum khusus untuk merumuskan pernyataan sikap para mahasiswa terhadap isu terkait kebijakan luar negeri Indonesia. Andrian juga mengatakan bahwa akan ada sidang forum yang akan membahas mengenai keberlangsungan forum komunikasi mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII).

Sebelum mengikuti berbagai acara tersebut, sebelumnya di hari pertama penyelenggaraan PNMHII para peserta akan disambut dalam opening ceremonial yang rencananya akan dilangsungkan di Balai Kota Solo, Minggu (15/11) nanti. Sebelum acara berakhir, mereka akan mengikuti closing ceremonial yang akan menampilkan pertunjukkan seni dan bakat mahasiswa HI UNS. (Munadhifah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *