Table Manner Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS 2016

Posted on

1Program Studi Hubungan Internasional (Prodi HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menyelenggarakan acara Table Manner, Sabtu, 26 September 2016 dengan tema ‘Express the Classy in You’. Acara Table Manner ini  berlangsung di  Ballroom Puri Kencono Hotel Lor In Solo. Table Manner merupakan acara yang menyajikan etika saat berada di meja makan baik dalam sikap duduk, makan, dan berbicara dalam jamuan penting atau dalam rapat Internasional. Table Manner ini dihadiri oleh kepala Prodi Hubungan Internasional, Prof. Andrik Purwasito, D.E.A, Ketua International Office Taufik Al Makmum S.S, M.A, serta para dosen dan staff program studi Hubungan Internasional FISIP UNS. Acara ini berlangsung selama  hampir 3,5 jam.

Pembukaan Table Manner dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB yang dibuka oleh Kepala Prodi HI Prof. Andrik Purwasito, D.E.A. Dalam sambutannya, Prof. Andrik menyampaikan “penting bahwasannya sebagai mahasiswa Hubungan Internasioal untuk mengetahui  etika makan berbasis internasional ini. Dengan diadakannya pelatihan Table Manner ini, bisa menjadi modal dasar mahasiswa kelak saat sudah terjun dalam kancah internasional sebagai representasi dari negara kita yang menjunjung tinggi etika dan sopan santun”.

Menurut Randhi Satria, salah satu dosen dari Prodi HI, menyatakan bahwa acara inti dari Table Manner itu sendiri berdurasi  1,5 jam dan untuk tata cara makan dipandu oleh trainer dari Lor In Hotel yaitu Bapak Anggoro. Dalam tata cara makan ini di ajarkan bagaimana penggunaan peralatan makan dan urutan penggunaannya serta etika-etika dalam jamuan Internasional. Setelah acara tata cara makan, disajikan hiburan dari panitia yaitu Internatonal Relations Choir (yang menyanyikan lagu Sway With Me, Stasiun Balapan dan Nightingale), International Relations Accoustic (yang menyanyikan lagu cinta dan rahasia, Jet Lag, Livin’ La Vida Loca), dan Dansa yang menampilkan Tango dance. Acara in ditutup pada pukul 23.00 WIB dengan menyanyikan lagu Flashlight bersama agar tidak ada batasan antara mahasiswa lama dengan mahasiswa baru serta untuk menghidupkan suasana. (Maryani FISIP UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *